Sunday, March 28, 2010

Saat Qila Opname

Baru seminggu mbahpapa masuk ruang IMC karena stroke, Qila menyusul mesti di opname juga.. padahal saat itu mama lagi drop2nya tuh kondisi fisik karna memikirkan kondisi mbahpapa, sejak mbahpapa masuk RS, Qila jadi diungsikan dulu ke cinere (rumah mbahnya), bukan Qilanya aja siy yang ngungsi, otomatis mama&papa juga, soale tiap hari si mbahmama mesti jaga di RS terus, n' si mba juga udah jaga si kaka aisha (anaknya kk mama), mau ngga mau kan Qila mest ditinggal klo papamama ngantor, nanti yang jagain sapa dong? klo si mba kasian dan tidak bakal sanggup klo suruh mengasuh 2 bocah sekaligus. Jadilah si mama sekarang jadi warga cinere, dan sementara Qila kalo siang titip di mbah cinere dulu. So sekarang rutinitasnya jadi dibalik..workday kita di cinere dan klo weekend kita baru ke depok ke rumah mbahmama. mknya klo sabtu-minggu rumah mbahmama selalu rame, soale biasanya cucu2nya emang kumpulnya di saat weekend. klo dulu kita ga bisa gabung kumpul rame2 pas weekend karana pasti lagi di cinere, sekarang kebalikannya deh. Padahal siy impiannya pengen cepet2 tinggal di rumah sendiri, biar bisa bebas merdeka dalam segala "hal"..hehe.. cuma sepertinya memang harus dimulai dari awal lagi planningnya, kebetulan saat mbahpapa kritis kemaren memang dana yang diperluin juga ga sedikit, dan otomatis ada saving yang kesedot juga, kalo buat mama sndiri siy klo udah nyangkut soal mbahpapa mah semampu mungkin pasti akan mama usahain, coz, i love my dad so much, ngga bisa terlukiskan lah..

Kembali ke Aqila, memang sehari sebelum Qila divonis buat opname Qila sempet ikut mama ke RS buat nengokin mbahpapa, cuma Qila dibawah doang (di ruang tunggu klinik anak, kebetulan di klinik anak Mitra Depok memang ada playground buat anak2), selepas mama nemenin mbahpapa di ruang IMC, mama masih sempet ke bawah buat nyusu-in Qila di ruang menyusui situ). Tau2 besokannya Qila rewel banget sampe mama ga bisa tidur semalemam, mana saat itu pas si papa Qila jaga malem di RS nungguin mbahpapa, demam sampai 38 disertai pilek berat dan nafasnya terlihat berat banget dan sampe bunyi ngik2 gitu, cuping hidung sampai kembang kempis dan dada juga kelihatan cekung saat bernafas. Pas pagi2 papa pulang kita langsung ke RS Puri cinere.. Dsa bilang ada lendir di paru2nya dan menyarankan buat diopname, karena klo sudah terlanjur bisa bahaya., Qila terkena bronkopnemonia, tapi mama tetep bilang ga tega klo Qila sampai diopname. Akhirnya dokter membolehkan pulang dengan syarat klo Qila demam lagi, lemes dan nafasnya makin susah suruh langsung diopname. Akhirnya mama ga ngantor hari itu khusus buat ngurus Qila, tapi Qila ga mo makan sama sekali..susaaah banget, cuma masuk puding buah sama jus pir aja. Tapi pas sore Qila makin terlihat lemes banget, masih pengen main cuma sebentar2 nglemperek sambil boboan, masih rewel dan keliatan berat banget nafasnya, ditambah demam lagi. Akhirnya mama memutuskan untuk bawa Qila lagi ke RS.

Akhirnya setelah ditangani oleh UGD dan divonis sudah mesti di rawat..Duuh, pikiran bercabang2 antara mbahpapa dan Qila.. Alhamdulilah Qila ditanggung asuransi jadi soal biaya RS ga jadi beban buat kami, yang agak repot malah si mbahpapa soale otomatis si papa Qila jaga malem terus nemein Qila selama opname, jadi ga bisa gantian shift jaga malem. Selama Qila di opname mama juga ikutan cuti, karena mau ga mau eamng Qila mesti ditungguin 2 orang. Bayangin aja baby 10 bulan-an dipasang infus dan mesti pake oksigen juga karena kesulitan bernafas. Sediih banget liat Qila gitu, dan selama di opname itu mama merasa seperti abis melahirkan Qila aja, soale bobo bareng terus satu tempat tidur dan kerjanya Qila cuma mimi asiiiii terus, dibawain sufor cuma Qila ga mau nyentuh, emang sebelumnya Qila mau mimi sufornya kalo lagi mama ga ada, udh ngerti brati Qila, klo ada mama buat apa mimi sufor..Hee..ga papa lah asal masih tercukupi, mama malah seneng soalnya dengan banyak mimi ASI kan bisa mempercepat kesembuhan Qila.. Selama opname Qila diterapi sehari 3 kali, disinari,diuap & divibra juga dada & punggungnya. Alhamdulilah Qila cuma dirawat 4 hari, setelah 2 hari Qila mulai terbiasa dengan papan infusnya, yang tadinya selalu ditarik2 papan & perbannya sekarang udh merangkak2 diatas tempat tidur dengan cueknya tanpa menghiraukan bantalan infusnya lagi, dan udah mulai bisa ketawa & ngoceh2, makanya suster2 disitu pada ngegemesin Qila terus..abis katanya kaya lagi ga sakit..


Setelah 4 hari Qila di bolehin pulang, oksigen & infusnya udah boleh di copot, malah pas udah waktunya check out kita masih main2 dikamar gara2 ternyata temen2 kantor mama pada mo ngejenguk..kalo ini siy mama yang seneng, soale mama request dibawain cheesecake..Hihii..yang sakit siapa yang request tentengan siapa..Heee..mama emang paling bisa.. Setelah keluar RS Qila masih harus terapi lagi selama 3 hari buat ngebersihin parunya. Dan yang bikin mama lega akhirnya Qila bisa doyan makan lagi dirumah, Alhamdulilah..

Bagi yang pengen tahu tentang Bronkopneumonia lebih lanjut bisa baca disini..

2 comments:

Lidya said...

Allhamdulillah QIla sudah boleh pulang ya. Semoga diberikan kesehatan selalu

ocha said...

@lidya: Amiiin..makasih ya mba, ini udh sebulan yang lalu tapi br sempet posting.Hee..