Sunday, March 28, 2010

HFMD or Flu Singapore???

Mau cerita sedikit kalo belum lama ini Qila kena penyakit HMFD. Sebenernya mama baru pernah denger penyakit ini n'sempet meragukan sang dokter pula (waktu itu Qila udah rewel banget n'antrian dsa langganan Qila udah panjang, jadi mama minta didaftarin dsa yg belum penuh antriannya, dan ternyata untungnya Qila dapet nomor urut satu.. Qila udah ngamuk-ngamuk ngga jelas sampe ga mau ditimbang, itu timbangan sampe jompalang sana/i gara-gara Qila berontak, alhasil gagal ditimbang deh Qila, mama jadi ngga tau berapa BB Qila sekarang). Sebelumnya mama curiga Qila terkena cacar karna pakde nya Qila baru semingguini  kena  cacar, apalagi dua sepupu Qila jg mengalami gejala yang sama dengan waktu yang bersamaan. Fathya ternyata asli kena cacar air dan Aisha tampek. Jelas aja mama worried, seluruh kaki & tangan Qila dipenuhi bintik merah dan ada sebagian yang terlihat berisi cairan (seperti cacar) dan disertai demam. Udah gitu di daerah pinggang, bokong dan leher juga ada merah seperti ruam. Dsa bilang ini bukan cacar, karena bintiknya ada di telapak tangan & telapak kaki juga. Dan ternyata di langit-langit mulutnya dan bagian dalam pipinya ditumbuhi banyak sariawan, pantas aja Qila ngga mau maem dan nolak buat mimi susu (ngga sufor ngga ASI langsung ditolak mentah-mentah). Kata Dsa-nya Qila terkena virus, tapi waktu mama tanyakan virus apa si Dsa bilang virusnya ngga ada namanya, yang jelas virus ini menyerang tangan, mulut dan kaki. Lhoo?? kok virus ga ada namanya? mama jadi agak ragu sama Dsa nya, pas mama tanya lebih lanjut Dsa bilang klo di kedokteran istilahnya HFMD (Hand, Foot & Mouth Disease).

Mama sedikit lega karena ternyata Qila memang tidak divonis cacar, tapi HFMD?? penyakit apa pula itu, sepertinya terdengar asing, udah gitu si Dsa juga ngga bisa jelasin panjang soal virus ini..(Duuh..mama agak nyesel kenapa tadi ngga daftar ke dokter langganan Qila aja ya?).. Akhirnya Qila diresepin obat banyak banget (ada 6), udah gitu pakenya ada yang di tetes, diminum, dioles di sariawan dan salep kulit juga.. duuh..kok banyak amat ya?? (baru tau deh mama kenapa Dsa ini pasiennya sedikit, mungkin karena sering kasih resep banyak-banyak ya?) dan bener aja..dirumah mama agak kelimpungan kasih obat ke Qilanya, berasa ngga kelar-kelar, apalagi waktu kasih obat yang mesti dioles didalem mulut...mesti perang dulu sama Qila.Hee...

Sampe dirumah mama masih penasaran sama penyakit ini, mbah google deh yang jadi sasaran..setelah browsing sana sini akhirnya ternyata memang ada penyakit HFMD ini, dan biasanya orang-orang juga menyebut penyakit ini dengan Flu Singapore.. Hihii..Qilaaa, belum pernah ke Singapore tapi kok udah kenalan sama penyakitnya duluan siiy.. Alhamdulilah setelah seminggu bintik merahnya lama-lama menghilang dan bintik yang berisi cairan pecah sendirinya. Horeee..akhirnya Qila mau nelen makanannya lagi..

6 comments:

Lidya said...

Di depok ya mbak? anaknya adik ku juga kena nih Flu singapure

ocha said...

@Lidya : Iya mba depok,hihi..jangan2 di depok emang lg musim kali ya?

Keke Naima said...

cpt sembuh ya... 2 keponakan sy bbrp wktu yg lalu kena flu singapur. Sy gak nengokin sih, krn dilarang sm org tuanya takut menular kemana2. Tp kl dr crt mereka memang kasian y kalo anak kecil kena flu singapur. Cpt sembuh y :)

Akira's Blog said...

Hah? Obatnya banyak banget... Tapi sekarang Qila dah sembuh kan? Selalu sehat ya sayang.... ;)

BunDit said...

Hai dedek Qila. Maaf lama gak main ke sini. Sekarang sudah sembuh kan sakitnya? Selalu sehat ya sayang :-)

dina said...

salam kenal bunda :) , wah harus hati2 yah, kasihan deh Qilanya