Saturday, October 3, 2009

H2C Perjuangan ASI

Harap-harap cemas... mungkin itu yang mama rasain sekarang. Seneng tapi sedih juga, seneng karna alhamdulilah mama udh bisa kasih ASIX selama 6 bulan buat Aqila dan skarang MPASI nya suksess, tapi sedih juga karna kok sekarang produksi ASI mama mulai berkurang ya?persedian di freezer juga makin berkurang. Biasanya sabtu-minggu itu hari yang ditunggu2 buat nabung ASI nambah2in stok, tapi hari ini cuma dapet 2 botol.. duuuh, sanggup ga ya mama kasih ASI sampe 1 taun apalagi 2 taun, skrng aja masih H2C harap2 cemas, cukup ga ya ASI buat qila untuk 1 minggu ke depan?

Kalo mo flash back..waktu awal2 qila lahir, bener2 perjuangan banget untuk bisa nyusuin qila..pokoknya penuh derita dan air mata.. ASI juga ga keluar2 sampe 3 hari, tapi mama tetep kekeuh ga ngebolehin qila dikasih sufor dan qila tetep mama sodorin walaupun ASI blm keluar, jadi cuma kenyat-kenyot ga jelas.Hehe.. sampe sempet desperate karna mama pikir mungkin emang ASInya kering, segala cara udh mama coba mulai dari konsumsi katuk, message PD, konsultasi ke klinik laktasi, sampe minum suplemen ASI, tetep aja blm ngaruh, tapi si papa selalu menyemangati kalo mama pasti bisa. Dan sampe suatu malam saking penasarannya mama coba pake pompa asi medela yang mini elektrik, kebetulan benda itu emang barang pertama yang mama beli waktu pas hamil qila, dan alhamdulilah pas lagi pake medela itu tau2 keluar cairan putih ke kuningan gitu, langsung mama stop karna itu pasti cairan kolustrumnya, takut kalo sampe terbuang, akhirnya buru2 qila yang mama susuin dan alhamdulilah sejak saat itu ASi mama bisa keluar dengan lancar.

Tapi ternyata proses menyusui ngga se-lancar seperti yang mama bayangkan. Sakitnyaaaa...minta ampuuuun deh. Tiap kali abis menyusui selalu ada luka bahkan sampe berdarah dan ada bagian yang terkelupas. Kalo diinget2 lucu juga mama menyusui tapi sambil menangis..karna ga kuat saking menahan sakitnya, apalagi mama merasa mulut qila itu kecil banget dan sedotannya kenceng banget, ditambah rasa ngilu2 pasca oprasi SC. Kyanya trauma banget setiap kali qila mulai nangis dan minta disusui, mama malah sempet ngambek ga mo nyusui qila lagi..tapi denger qila nangis mama juga kasian, masa nyerah sama sufor?? setelah dapet dukungan dr para temans yang bilang klo mereka juga mengalami hal yang sama dan bilang lama2 juga terbiasa dan ga sakit lagi akhirnya mama cuma bisa pasrah, mama cuma ingin yang terbaik buat qila..biar sakit,pedih,perih..demi qila mama rela.. dan setelah menyusui selama 2 bulan lebih baru mama merasakan nikmatnya menyusui, baru mama bisa menyusui dengan tenang, baru mama bisa menyusui tanpa di sertai linangan air mata..xi..xiii...lebaaayyyy...

Waktu cuti melahirkan hampir berakhir mama juga udh mulai rajin nye-tok ASI di botol2 kaca, sampe freezer penuh dengan ASI buat qila semua, apalagi qila pernah mama tinggal 4 hari waktu mama ikut acara tour wisata ke Thailand bareng temen2 sekantor. Hehe..sempet2nya mama...padahal umur qila waktu itu blm genap 3 bulan. Abis mumpung biaya ditanggung kantor semua n' kapan lagi mama bisa keluar negeri gratisan.. lagian si papa juga ngijinin kok asal kuota ASI nya mencukupi dan jadilah papa cuti selama mama di thailand dan pesta ASI lah si qila karna udh mama tinggalin ASI sebanyak 40 botol ditambah cadangan 7 botol.. dan selama di thailand mama mesti pinter2 nyempetin waktu buat perah ASI bahkan mama pernah lho perah ASI di toilet bis wisata karna saking udh bengkak dan kerasnya. tapi selama disana terpaksa ASI setelah perah mesti mama buang..sedihnyaaaa...abis selama tour hotelnya pindah2 tiap hari dan ga mungkin mama simpen ASI di bis wisata seharian.

Setelah pulang dari thailand dan kembali beraktivitas di kantor mama tetep perah ASI buat qila, malah lebih giat karna qila nyusu-nya kuat sekali, qila minum 6-7 botol selama mama tinggal kantor dari jam 7 pagi sampe jam 7 malem. Awal2 mama bisa tiap hari memerah untuk diminum esok harinya tanpa menjamah stok di freezer, lama2 mesti ambil stok 1 botol di freezer perhari, apalagi selama bulan puasa, alhamdulilah mama bisa puasa 1 bulan full dan cuma batal 1 karna waktu itu sempet pusing berat setelah perah ASI. Selama bulan puasa itu mama mesti ambil 2 botol ASI di freezer buat menutup kekurangan ASI yang mama perah hari sebelumnya.

Alhamdulilah dengan manajemen ASI seperti itu akhirnya qila lulus juga ASIXnya, mama siy pengennya dan berharap banget bisa kasih ASI sampe 1 tahun bahkan sampe 2 tahun, pokoknya yang penting sekarang usaha terussss..walaupun hari libur sabtu-minggu ini ga bisa dapet kuota yang diharapkan, mudah2an qila tetap mendapatkan apa yang terbaik..

2 comments:

Anonymous said...

Tetap semangat ya Bun merah ASI nya. Insya Alllah produksi nya selalu lancar shg Qila bisa S2 dan S3 ASI. Amin. Saya juga lagi menyemangati diri sendiri soalnya di usia Dita hampir 16 bulan, produksi ASI saya juga terus berkurang. Semoga bisa nyampe buat Dita sampai 2th nih :-)

ocha said...

@wiih..bundit hebat si dita udh 1,5 taun tp msh bisa ASI, jadi semangat lagi niy.. akhir2 ini aku suka minder sendiri liat hasil perahan-ku di kantor..hiks2..tp msh diusahain semaksimal mungkin kok bun ASI for Qila..Trims ya support-nya :)